Thursday, September 27, 2007

Surat Keberatan Media Watch atas iklan XL


Dear All,

Dibawah ini adalah surat keberatan media watch ata iklan XL versi perempuan Rp 1,- Mohon dibaca ya.Terima kasih.

Salam hangat,

Dinda
=====




No : 001/E/MW/SK/IX/07

Lamp : 1 buah foto contoh iklan

Hal : Surat Keberatan

Jakarta, 26 September 2007

Kepada Yth.

Pimpinan Perusahaan

Kartu Seluler XL

di tempat

Dengan hormat,

Kami bermaksud menyampaikan surat keberatan kami atas iklan XL versi perempuan dengan menggunakan kaos bertuliskan Rp 1/detik

Dari cara mempromosikan iklan tersebut menunjukkan citra yang melecehkan perempuan, karena :

Model yang diperagakan adalah seorang perempuan dewasa berdiri dan dibagian perut serta sekitar payudara bertuliskan Rp 1 / per detik.

Citraan ini sangat merendahkan perempuan, memberi kesan tubuh perempuan tersebut sama dengan seharga Rp 1 / per detik. Bahwa iklan ini menunjukkan citraan penjualan seorang perempuan, atau ide dari bisnis hotline.

Dengan ini kami sangat keberatan sekali iklan tersebut terus menerus ditayangkan dan diterbitkan di media-media sampai sekarang yang dapat dilihat oleh semua orang. Masih banyak iklan XL lain sebelumnya yang terlihat lebih kreatif tanpa mencitrakan perempuan seperti itu.


Negara Indonesia sudah sepakat untuk menghapuskan semua bentuk diskriminasi terhadap perempuan baik langsung maupun tidak langsung (UU No. 7 Tahun 1984) salah satunya peran media massa (termasuk iklan)

Semoga masukan dari kami ini sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda.

Kami sangat terbuka untuk berdialog dengan pihak XL mengenai keberatan kami ini. Agar terjadi pengertian masyarakat dan untuk selanjutnya silahkan menghubungi Dinda di 08151609391 atau email kami di pemantau_media@yahoo.co.id bila tertarik untuk merencanakan pertemuan.

Media Watch akan terus memantau tayangan televisi yang memiliki tayangan yang membuat citraan perempuan menjadi negatif. Tujuannya bukan untuk memberangus media industri, tetapi memberi 'masukan lebih' segala hal yang berhubungan dengan prinsip hak asasi manusia. Di negara lain metode ini sudah diterapkan, diantaranya di Filipina.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Mariana Amiruddin

Koordinator Umum

CC:

1.Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan

2.Komisi Penyiaran Indonesia

4 comments:

Anonymous said...

Lucu.
Keberatan trus ngajak dialog
tak cocok

Anonymous said...

Saya penasaran bgt... cew yang di iklan itu sapa y? Wah setiap kali saya jalan n ngliat iklan itu... Saya hampir aja kecelakaan kalo saya itung hampir 3x... Bkn gr2 kawin ma monyet... Tapi modelnya cantiiiiik abis...

Anonymous said...

Hmmhfh.. ada-ada ajaa..

inayazahra said...

permisi, mau tanya.
ini surat keberatan hanya fiksa atau memang benar adanya?
terima kasih.