Sunday, June 24, 2007

Meditasi

Hari Sabtu kemarin (23 Juni 2007) aku ikut workshop meditasi yang dipandu oleh ibu Prof. DR. dr. Luh Ketut Suryani, SpKj di Hotel Santika, Jakarta.Aku diundang untuk ikut hadir oleh mbak Gartini Isa dari USAID (terima kasih banyak ya mbak,semoga Tuhan membalas kebaikan mbak,amin).Aku datang tidak pakai membayar segala,padahal aku baca di milis cosmopolitan ikut workshop itu bayar Rp 300.000,- Aku nggak tahu kenapa untukku gratis.Aku ngucapin terima kasih sekali lagi buat mbak Gartini Isa atas undangannya ke aku.

Disana aku belajar banyak hal tentang meditasi selain teori kami juga praktek meditasi.Oh ya sebelumnya aku sudah mendengarkan kaset meditasi Ibu Suryani.Aku dapat hadiah lagi-lagi atas kebaikan hatinya mbak Gartini Isa.

Aku percaya pada kekuatan meditasi bisa menyembuhkan kita.Termasuk penyakit mental tentunya.Sama seperti sholat.Meditasi juga mendekatkan kita pada Tuhan Yang Maha Esa.

Disesi pertama workshop itu kita belajar bermeditasi bersama.Aku menikmatinya.Asyik rasanya,seperti ada energi baru didalam tubuh kita.

Dan sesi keduanya kita diminta untuk memikirkan kembali kenangan terburuk yang kita pendam dalam hati,kekesalan kita dan kekecewaan kita pada org lain.Tak terasa aku menangis tuh.Aduh cengengnya aku.Dua butir tangisku jatuh di pipiku.Ya,ternyata aku masih menyimpan dendam dan amarah pada seseorang.Aku mau merubahnya menjadi energi yang positif tentunya dan oleh Ibu Suryani kita diajarkan untuk itu.Untuk menggingat dan akhirnya memaafkannya....Meski terasa berat tapi aku harus bisa legowo kata orang Jawa begitu.Agar itu tidak menjadi trauma mendalam di diri kita tentunya.Yang akan membawa dampak negatif tentunya kepada diri kita sendiri.

Sesi ketiga adalah komunikasi spirit.Kita bermeditasi seolah-olah kita berbicara dengan seseorang secara real.Seperti telepati gitu deh.Aku mencobanya untuk mengajak dialog temanku.Tidak tahu itu berhasil atau tidak.

Akhirnya workshop 2 jam itu berakhir.Aku ngobrol dengan Ibu Suryani dan meminta kartu namanya.Barangkali aku butuh suatu hari nanti.

Ketika aku mau pulang...Mbak Marisa –panitia acara workshop itu- memberiku sebuah CD Meditasi gratis pula...Ya ampun baik banget nih orang kataku dalam hati.Padahal aku tahu CD itu untuk dijual.Makasih banget ya mbak Marisa untuk kebaikannya..Semoga Tuhan membalas kebaikan mbak.Amin.

Diakhir pertemuan itu saat aku mau pamit pulang kepada mbak Marisa bilang”Mbak Dinda nanti aku ikut latihan karate program self defense for women ya...”katanya.Aku jawab”Iya mbak,tapi sekarang lagi libur nanti sekitar akhir bulan Juli kali latihan lagi”.Aku jadi mikir koq mbak Marisa tahu ya aku yang koordinir latihan self defense itu?Darimana ya?Tanyaku dalam hati.Ya aku tahu.....Itu pasti informasi dari mbak Gartini Isa.Sebab anaknya mbak Gartini Isa yaitu Sara ikutan latihan self defense for women.Dan mbak Gartini Isa bilang Sara amat senang dan berkesan dengan latihannya.Aduh ternyata dunia itu sempit ya....Kataku dalam hati....

2 comments:

Zawawi said...

wah, mbak dinda ini seorang pendekar cantik ya..he..he.., (soalnya ce kalo co tentu pendekar tampan) ...eh mbak tertarik dengan meditasi? pernah ikut meditasi mengenal diri enggak yang dibimbing oleh Dr. Hudoyo Hupudio, ada milisnya juga namanya Meditasi-mengenal-diri disingkat MMD kalo ingin mencoba bisa menghubungi email address ini: hudoyo@cbn.net.id, mungkin dapat bermanfaat

Titiana Adinda said...

He..He..Ada2 aja...Belum pernah aku ikut meditasinya Dr.Hudoyo Hupudio.ok aku akan ikut milisnya dan menghubunginya.Terima kasih ya buat infonya.