Thursday, April 17, 2008

Fact Sheet ttg PKT RSCM

FACT SHEET

PUSAT KRISIS TERPADU

RS.CIPTO MANGUKUSUMO

Sejarah pendirian

Dibentuk tahun 2000. Tujuan pendirian adalah sebagai “women crisis centre hospital bases” (pusat krisis perempuan berbasis Rumah Sakit). Pendiriannya didahului dengan study tour ke beberapa negara ASEAN. Karena kebanyakan perempuan dan anak mendapat luka fisik (kekerasan fisik dan seksual) dan psikologis dari korban. Idealnya PKT RSCM ini korban tidak harus pergi ke beberapa tempat untuk mengadukan persoalan kekerasan yang dihadapi. Tetapi cukup datang ke PKT RSCM maka korban akan mendapatkan pengobatan medis atas luka-lukanya oleh dokter, kemudian mengadukan masalah trauma psikologisnya ke psikolog/pekerja sosial.

Siapa aja yang bekerja?

PKT RSCM buka selama 24 jam satu tim terdiri dari dokter,perawat,psikolog dan pekerja sosial. Ditambah lagi satu orang sekretaris.

Layanan apa yang diberikan?

Layanan medis dan psikologis

Apakah korban perlu membayar terhadap layanan ini?

Tidak, korban tidak perlu membayar semua layanan di PKT RSCM ini.

Sudah berapa korban yang dilayani?

Sejak tahun 2000 sudah 4511 org. Rata-rata setiap tahun lebih dari 600 korban datang. Atau 2 orang perhari

Kasus yang paling tragis?

Korban yang datang dengan luka tusuk pada salah satu matanya. Pelaku adalah suaminya sendiri. Sedangkan korban sedang hamil 5 bulan.

Masalah apa yang sedang dihadapi PKT RSCM saat ini?

Masalah utama dari keberadaan PKT RSCM ini adalah masalah pendanaan. Tidak ada anggaran dari APBD/APBN bahkan di Depkes, Depsos, atau Kementerian Pemberdayaan Perempuan. Sehingga keberadaan PKT RSCM terancam ditutup dalam 6 bulan lagi. Ironisnya negara sudah memiliki UU No.23 Tahun 2004 tentang Perlindungan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan UU No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak. Tetapi tidak ada satupun pasal dalam UU tersebut yang menyebutkan negara harus bertanggungjawab terhadap pemulihan fisik dan psikologis korban.

Apa yang sudah dilakukan PKT RSCM?

Selain sudah melakukan pengobatan medis dan pemulihan psikologis korban. Juga telah dilakukan kegiatan Support Group yang terdiri dari para korban kekerasan dimana diajarkan kegiatan wirausaha, konseling psikologi dan membentuk kelompok survivors/korban agar secara psikologis mereka lebih kuat.

Lokasinya dimana PKT RSCM?

Di lt.2 Di ruang IGD/Instalasi Gawat Darurat RS.Cipto Mangukusumo.

Siapa Direktur PKT RSCM saat ini?

Yaitu dr. Mutia Prayanti, SpOG (0818 134 749 / 0811 901 850)

Contact Person:

Dinda: 08151609391

Nola-Sekretaris PKT: (021) 316-2261

****

2 comments:

JuzMe said...

gen tau lbh banyak.......

Anonymous said...

kalo kita mau dapat data tentang jumlah kasus KDRT terbaru...bisa gak ya?...caranya bagaimana?...apa langsung datang kesana?